Hesychasm
Hesychasm ( / h ɛ s ɪ k z əm , h ɛ z i kia- / ; (Yunani: ) adalah tradisi mistik doa kontemplatif di Gereja Ortodoks Timur .
Berdasarkan perintah Yesus dalam Injil Matius bahwa “setiap kali kamu berdoa, masuklah ke dalam kamarmu dan tutuplah pintumu dan berdoalah kepada Bapamu yang sembunyi; dan Bapamu yang melihat dalam sembunyi akan memberi upah kepadamu”.
Hal ini dijelaskan dengan sangat rinci dalam Philokalia, kompilasi dari apa yang ditulis oleh berbagai orang suci tentang doa dan kehidupan spiritual.
Latihan hesychastic :
Hesychasm mungkin melibatkan postur tubuh tertentu, dan mungkin disertai dengan latihan pernapasan yang disengaja. Ini melibatkan perolehan “keheningan batin”, mengabaikan indra. Para hesychast menafsirkan perintah Kristus dalam Injil Matius untuk “pergi ke dalam kamarmu untuk berdoa” yang berarti bahwa mereka harus bergerak melampaui indra dan menarik diri untuk berdoa. Hesychasm sering termasuk mengulangi Doa Yesus : ” Tuhan Yesus Kristus, Anak Allah, kasihanilah aku [orang berdosa]” .
Secara etimologi : Hesychasm ( Yunani : , pengucapan Yunani Modern : [ isixaˈzmos ] ) berasal dari kata hesychia ( , pengucapan Yunani: [isiˈçia] ), yang berarti “keheningan, istirahat, ketenangan, keheningan” dan hesychazo ( pengucapan Yunani : [isiˈxazo] ) “untuk menjaga keheningan”.
Metropolitan Kallistos Ware , seorang sarjana teologi Ortodoks Timur, membedakan lima penggunaan yang berbeda dari istilah “hesychasm”:
1. “kehidupan menyendiri”, arti, setara dengan ” kehidupan eremitical “, di mana istilah ini digunakan sejak abad ke-4;
2. “Praktek doa batin, bertujuan persatuan dengan Tuhan pada tingkat di luar gambar, konsep dan bahasa”, pengertian di mana istilah itu ditemukan dalam Evagrius Ponticus (345–399), Maximus the Confessor (c. 580 – 662) , dan Symeon sang Teolog Baru (949–1022);
3. “pencarian persatuan seperti itu melalui Doa Yesus “, referensi paling awal yang ada di Diadochos dari Photiki (c. 450);
4. “suatu teknik psikosomatis tertentu yang digabungkan dengan Doa Yesus”, yang penggunaan tekniknya dapat ditelusuri kembali setidaknya hingga abad ke-13;
5. “teologi St. Gregorius Palamas”, lihat Palamisme .
Asal usul istilah hesychasmos, dan istilah terkait hesychastes , hesychia dan hesychazo, tidak sepenuhnya pasti. Istilah dasar hesychia dan berbagai turunannya muncul dalam Septuaginta Yunani Perjanjian Lama (LXX), dari Kitab Kejadian (Kej 4:7.) Secara total “hesychia” ditemukan 60 kali dalam Septuaginta dalam berbagai bentuk dan melalui Septuaginta itu telah memasuki kosakata Yudaik sejak abad ke-3 SM. Dalam Perjanjian Baru Yunani ditemukan 11 kali. Secara total dalam Alkitab Yunani Gereja kuno ditemukan 71 kali (57 kali dalam 66 buku Alkitab.) Menurut entri di Lampe’s A Patristic Greek Lexicon , istilah dasar hesychia dan hesychazo juga ditemukan pada bapak-bapak seperti St John Chrysostom dan Cappadocians . Istilah tersebut juga muncul pada periode yang sama dalam Evagrius Pontikos (c. 345 – 399), yang meskipun ia menulis di Mesir berada di luar lingkaran Cappadocians, dan dalam Sayings of the Desert Fathers .
Istilah hesychast digunakan pada abad ke-6 di Palestina dalam Lives of Cyril of Scythopolis , banyak di antaranya yang hidup memperlakukan hesychasts yang sezaman dengan Cyril. Beberapa orang kudus yang ditulis oleh Cyril, terutama Euthymios dan Savas, sebenarnya berasal dari Kapadokia . Hukum (novel) kaisar Justinian I (memerintah 527–565) memperlakukan hesychast dan anchorite sebagai sinonim, menjadikannya istilah yang dapat dipertukarkan.
Istilah hesychia dan hesychast digunakan secara sistematis dalam Tangga Pendakian Ilahi St John of Sinai ( 523–603) dan dalam Pros Theodoulon oleh St. Hesychios (c. 750?), yang biasanya juga dianggap sebagai Sekolah Sinai . Tidak diketahui di mana St. John dari Sinai atau St. Hesychios dilahirkan, atau di mana mereka menerima formasi monastik mereka.
Tampaknya kekhasan istilah hesychast berkaitan dengan integrasi pengulangan terus-menerus Doa Yesus ke dalam praktik assesis mental yang sudah digunakan oleh para pertapa di Mesir. Hesychasm sendiri tidak tercatat dalam Lampe’s Lexicon, yang menunjukkan bahwa itu adalah penggunaan kemudian, dan istilah Doa Yesus tidak ditemukan di salah satu bapa gereja. Saint John Cassian (c. 360 – 435) menyajikan sebagai formula yang digunakan di Mesir untuk doa berulang-ulang, bukan Doa Yesus, tetapi “Ya Tuhan, cepatlah untuk menyelamatkan saya: O Tuhan, cepatlah untuk membantu saya.”
Namun, pada abad ke-14, di Gunung Athos istilah hesychasm dan hesychast mengacu pada praktik dan praktisi metode assesis mental yang melibatkan penggunaan Doa Yesus yang dibantu oleh teknik psikofisik tertentu. Kemungkinan besar, munculnya istilah hesychasm mencerminkan munculnya praktik ini sebagai sesuatu yang konkret dan spesifik yang dapat didiskusikan.
Buku-buku yang digunakan oleh hesychast termasuk Philokalia , kumpulan teks tentang doa dan pertapaan mental soliter yang ditulis dari abad ke-4 hingga ke-15, yang ada di sejumlah redaksi independen; Tangga Pendakian Ilahi ; kumpulan karya St. Symeon the New Theologan (949–1022); dan karya-karya St. Isaac orang Siria (abad ke-7), karena karya-karya tersebut dipilih dan diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani di Biara St. Savas dekat Yerusalem sekitar abad ke-10.
Hesychast menafsirkan perintah Yesus dalam Injil Matius untuk “pergi ke kamar Anda untuk berdoa” berarti bahwa seseorang harus mengabaikan indra dan menarik diri ke dalam. Js Yohanes Klimakus dari Sinai menulis:
Hesychasm adalah penutupan kognitif utama jiwa tanpa tubuh (Ortodoksi mengajarkan dua fakultas kognitif, nous dan logos ) di rumah tubuh.
Ketenangan berkontribusi pada peningkatan mental yang menolak pikiran yang menggoda; itu menempatkan penekanan besar pada fokus dan perhatian. Hesychast harus sangat memperhatikan kesadaran dunia batinnya dan kata-kata Doa Yesus, tidak membiarkan pikirannya mengembara dengan cara apa pun. Sementara ia mempertahankan praktik Doa Yesus, yang menjadi otomatis dan berlanjut dua puluh empat jam sehari, tujuh hari seminggu, hesychast memupuk nepsis , perhatian yang waspada, untuk menolak pikiran yang menggoda (“pencuri”) yang datang ke hesychast saat dia memperhatikan dengan penuh perhatian di pertapaannya. St. Yohanes dari Sinai menjelaskan praktik hesychast sebagai berikut:
Duduklah di tempat yang tinggi dan perhatikan, jika saja Anda tahu caranya, dan kemudian Anda akan melihat dengan cara apa, kapan, dari mana, berapa banyak dan pencuri macam apa yang datang untuk masuk dan mencuri tandan buah anggur Anda. Ketika penjaga menjadi lelah, dia berdiri dan berdoa; dan kemudian dia duduk lagi dan dengan berani mengambil tugas sebelumnya.
Hesychast adalah untuk melampirkan Eros ( Yunani : eros ), yaitu, “kerinduan”, pada praktik ketenangannya untuk mengatasi godaan kemalasan. Dia juga menggunakan kemarahan yang sangat terarah dan terkendali terhadap pikiran-pikiran yang menggoda, meskipun untuk melenyapkannya sepenuhnya dia harus memanggil Yesus Kristus melalui Doa Yesus.
Banyak literatur hesychasm diisi dengan analisis psikologis dari pikiran yang menggoda (misalnya St Markus Pertapa ). Analisis psikologis ini berutang banyak pada karya pertapaan Evagrius Pontikos, dengan doktrin delapan nafsunya.
Tugas utama hesychast adalah terlibat dalam assesis mental. Hesychast adalah untuk membawa pikirannya (Gr. nous ) ke dalam hatinya untuk mempraktekkan baik Doa Yesus dan ketenangan dengan pikirannya di dalam hatinya. Dalam kesendirian dan ketenangan, hesychast mengulangi Doa Yesus , “Tuhan Yesus Kristus, anak Allah, kasihanilah aku, orang berdosa.” Hesychast berdoa Doa Yesus ‘dengan hati’—dengan makna, dengan maksud, “nyata” (lihat ontic). Dia tidak pernah memperlakukan Doa Yesus sebagai rangkaian suku kata yang “permukaan” atau makna verbalnya bersifat sekunder atau tidak penting. Dia menganggap pengulangan yang telanjang dari Doa Yesus sebagai rangkaian suku kata belaka, mungkin dengan makna batin “mistis” di luar makna verbal yang terbuka, menjadi tidak berharga atau bahkan berbahaya. Penekanan pada seruan Yesus Kristus yang nyata dan nyata ini mencerminkan pemahaman Timur tentang mantra dalam tindakan/suara fisik dan makna yang sama sekali tidak dapat dipisahkan.
Turunnya pikiran ke dalam hati dipahami secara harfiah oleh para praktisi hesychasm dan sama sekali tidak dianggap sebagai ekspresi metaforis. Beberapa teknik psikofisik yang dijelaskan dalam teks-teks adalah untuk membantu turunnya pikiran ke dalam hati pada saat-saat yang hanya dengan susah payah ia turun dengan sendirinya.
Sasaran pada tahap ini adalah praktik Doa Yesus dengan pikiran di dalam hati, yang praktiknya bebas dari gambar (lihat Pro Theodoulon ). Dengan latihan ketenangan (pertapaan mental melawan pikiran yang menggoda), hesychast sampai pada praktik Doa Yesus yang terus-menerus dengan pikirannya di dalam hatinya dan di mana kesadarannya tidak lagi dibebani oleh munculnya gambaran-gambaran secara spontan: pikirannya memiliki keheningan dan kekosongan tertentu yang hanya diselingi oleh pengulangan abadi Doa Yesus.
Tahap ini disebut penjaga pikiran . Ini adalah tahap latihan pertapa dan spiritual yang sangat maju, dan upaya untuk mencapai ini sebelum waktunya, terutama dengan teknik psikofisik, dapat menyebabkan kerusakan spiritual dan emosional yang sangat serius pada calon hesychast. St Theophan sang Pertapa pernah berkata bahwa postur tubuh dan teknik pernapasan hampir dilarang di masa mudanya, karena, alih-alih mendapatkan Roh Tuhan, orang hanya berhasil “menghancurkan paru-paru mereka.”
Penjaga pikiran adalah tujuan praktis hesychast. Ini adalah kondisi di mana dia tetap seperti biasa sepanjang hari, setiap hari sampai dia meninggal.
Ada penekanan yang sangat besar pada kerendahan hati dalam praktik Doa Yesus, peringatan besar diberikan dalam teks-teks tentang bencana yang akan menimpa calon hesychast jika dia melanjutkan dengan kesombongan, atau arogansi. Juga diasumsikan dalam teks-teks hesychast bahwa hesychast adalah anggota Gereja Ortodoks yang bereputasi baik.
Theosis dan Hesychast
Theosis dihasilkan oleh penjagaan pikiran sehingga seorang hesychast diangkat ke kontemplasi oleh kasih karunia Tuhan.
Hesychast biasanya mengalami kontemplasi Tuhan sebagai cahaya, “cahaya yang tidak diciptakan” dari teologi St. Gregorius Palamas. Hesychast, ketika dengan belas kasihan Tuhan dianugerahkan pengalaman seperti itu, tidak tinggal dalam pengalaman itu untuk waktu yang lama (ada pengecualian—lihat misalnya Kehidupan St. Savas si Bodoh bagi Kristus (abad ke-14) , ditulis oleh St. Philotheos Kokkinos (abad ke-14)), tetapi ia kembali “ke bumi” dan terus berlatih menjaga pikiran.
Cahaya yang tidak diciptakan yang dialami hesychast diidentifikasikan dengan Roh Kudus. Pengalaman terang yang tidak diciptakan berhubungan dengan ‘perolehan Roh Kudus’. Catatan penting tentang perjumpaan dengan Roh Kudus dengan cara ini ditemukan dalam catatan St. Symeon the New Theologan tentang iluminasi “George” (dianggap sebagai nama samaran St. Symeon sendiri); dalam “percakapan dengan Motovilov” dalam Kehidupan St. Seraphim dari Sarov ( 1759–1833); dan, baru-baru ini, dalam kenang-kenangan Penatua Porphyrios (Bairaktaris) dari Kafsokalivia ( Terluka oleh Cinta hlm. 27–31).
Hesychasts sepenuhnya terintegrasi ke dalam kehidupan liturgi dan sakramental Gereja Ortodoks, termasuk siklus harian doa liturgi Kantor Ilahi dan Liturgi Ilahi . Namun, hesychasts yang hidup sebagai pertapa mungkin memiliki kehadiran yang sangat langka di Liturgi Ilahi (lihat kehidupan Santo Seraphim dari Sarov ) dan mungkin tidak melafalkan Kantor Ilahi kecuali melalui Doa Yesus (praktek yang dibuktikan di Gunung Athos). Secara umum, hesychast membatasi aktivitas eksternalnya demi praktik hesychastic-nya.
Tradisi ortodoks memperingatkan agar tidak mencari ekstasi sebagai tujuan itu sendiri. Hesychasm adalah kompleks tradisional praktik asketis yang tertanam dalam doktrin dan praktik Gereja Ortodoks dan dimaksudkan untuk menyucikan anggota Gereja Ortodoks dan membuatnya siap untuk perjumpaan dengan Tuhan yang datang kepadanya kapan dan jika Tuhan menghendaki, melalui Tuhan berkah. Tujuannya adalah untuk memperoleh, melalui pemurnian dan kasih karunia, Roh Kudus dan keselamatan. Setiap keadaan gembira atau fenomena tidak biasa lainnya yang mungkin terjadi selama praktik hesychast dianggap sekunder dan tidak penting, bahkan cukup berbahaya. Selain itu, mencari pengalaman “spiritual” yang tidak biasa itu sendiri dapat menyebabkan kerugian besar, menghancurkan jiwa dan pikiran si pencari. Pencarian pengalaman “spiritual” seperti itu dapat menyebabkandelusi spiritual (Ru. prelest, Gr. plani) —antonim dari ketenangan — di mana seseorang percaya dirinya sebagai orang suci, memiliki halusinasi di mana dia “melihat” malaikat, Kristus, dll. Keadaan spiritual ini delusi dalam cara yang dangkal, egois, menyenangkan, tetapi dapat menyebabkan kegilaan dan bunuh diri, dan, menurut para ayah hesychast, membuat keselamatan menjadi tidak mungkin.
Gunung Athos adalah pusat praktik hesychasm. St Paisius Velichkovsky dan murid-muridnya membuat praktik ini dikenal di Rusia dan Rumania , meskipun hesychasm sebelumnya sudah dikenal di Rusia, sebagaimana dibuktikan oleh praktik independen St Seraphim dari Sarov .
Gregory Palamas: Pembela Hesychasm
Hesychasm dipertahankan secara teologis oleh Gregory Palamas di sekitar tiga “Sinode Hesychast” yang terpisah di Konstantinopel dari tahun 1341 hingga 1351. St. Gregorius diminta oleh rekan-rekan biarawannya di Gunung Athos untuk mempertahankannya dari serangan Barlaam dari Calabria , yang menganjurkan a pendekatan yang lebih intelektualis untuk berdoa.
Beberapa praktik hesychastic memiliki sedikit kemiripan dengan doa atau meditasi mistik dalam agama-agama Timur (misalnya, Buddhisme dan Hinduisme, terutama Yoga), meskipun kesamaan ini sering terlalu ditekankan dalam kisah-kisah populer. Sementara beberapa kutipan yang diperlukan mungkin membandingkannya dengan mantra, menggunakan Doa Yesus sedemikian rupa berarti melanggar tujuannya. Seseorang tidak pernah memperlakukannya sebagai rangkaian suku kata yang makna “permukaannya” adalah sekunder. Demikian juga, pengulangan kosong dianggap tidak berharga (atau bahkan merusak spiritual) dalam tradisi hesychast.
Hesychasm
Related Posts
-
Biarawan Petrus dari Athos
Diperingati pada tanggal 12 Juni (kalender Julian) Janasuci Petrus dari Athos, seorang Yunani yang lahir…
-
Awali Juni, Dua Diakon Baru Ditahbiskan: Perkuat Pelayanan Gereja Orthodox Indonesia
Tangerang Selatan – Gereja Orthodox Indonesia (GOI) menyelenggarakan acara penahbisan klerus di Parokia Js. Petrus…
-
Audiensi Episkop Daniel dari Nikopolis dengan Menteri Agama: Memperkuat Hubungan Antaragama
Pada hari Rabu, 22 Mei 2024, Episkop Daniel dari Nikopolis mengadakan audiensi dengan Menteri Agama…
-
Ketua Umum GOI Romo Yakobus Jimmy Stevanus Mboe Hadir dalam FGD RJMP LAI
Jakarta, 14 Mei 2024 — Sebuah acara yang diselenggarakan oleh Focus Group Discussion (FGD) Rencana…
-
Cerita Penahbisan: Kirilos Meidy, dari Impian Masa Kecil ke Realita Spiritual
Tangerang – Sebuah momen penting dan bersejarah terjadi di gereja Js Petrus dan Paulus Tangerang,…
-
Inisiatif Penggalangan Dana Ha Na’Arim Solo di Depan De Tjolomadoe: Langkah Nyata Menuju Kemandirian Organisasi
Solo, Jawa Tengah – Ha Na’Arim Solo, organisasi pemuda-pemudi Gereja Orthodox Indonesia Parokia Tritunggal Mahakudus,…
-
Seri Prolog Ohrid 28 Februari Kalender Julian
JANASUCI PROTERIUS, PRESBITER MARTIRJanasuci ini adalah seorang presbiter di Alexandria pada masa ketika Dioscorus, seorang…
-
Menapaki Jalan Klerus: Kisah Romo Diakon Kristian Rerung dari Tanah Papua
Tangerang, Banten – Diiringi lantunan doa dan suasana penuh khidmat, Gereja Orthodox Js. Petrus-Paulus di…
-
HaNa’arim Bogor: Mewujudkan Mimpi Generasi Muda Pemimpin Masa Depan
Bogor, 11 Maret 2024 – Dalam suasana penuh semangat dan harapan, komunitas pemuda HaNa’arim Bogor,…
-
Pagi Penuh Inspirasi ASN: Menggali Makna Spiritual Bersama Romo Yakobus di Kemenag
Jakarta, 4 Maret 2024 – Sebuah pagi yang berbeda dirasakan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN)…
-
Peran GOI dalam Pembukaan Jalan Baru di Desa Raringis Selatan
Langowan, 28 Pebruari 2024 – Sebuah langkah maju dalam pembangunan Desa Raringis Selatan terwujud pada…
-
Romo Nikon Jemmy Frans Pimpin Khotbah di KM Sinabung: Persatuan dalam Keragaman Keyakinan
KM Sinabung – Tanggal 6 Februari 2024 menjadi momen bersejarah di atas moda transportasi laut…
-
Forum Umat Kristiani 2024: Kerjasama dan Komitmen GOI untuk Demokrasi dan Toleransi
Jakarta, 5 Februari 2024 – Dalam suasana yang khusyuk dan penuh pengharapan, gedung Gereja Baptis…
-
Enam Tahun Menanti, Komox Makassar Kini Memiliki Presbiter
Komunitas Orthodox (Komox) Para Rasul Kudus Makassar telah berdiri sejak tahun 2018. Bermula dari keluarga…
-
Sempat Mendapat Mimpi, Romo Abraham Mantap Menjadi Presbiter.
Menjadi seorang imam bagi Gereja Tuhan di Indonesia tentu tidak mudah. Tugas pelayanan yang diembannya…
-
APA ITU READER, DAN BAGAIMANA ANDA BISA MENJADI SEORANG READER?
Oleh Fr. John Whiteford Kita belajar banyak tentang apa artinya menjadi seorang Reader dari nasihat…
-
Ketua Umum Gereja Orthodox Indonesia (GOI) Memimpin Pelantikan Panitia Paskah Nasional 2024
Palangkaraya, 18 Januari 2024 – Sebuah acara penting dalam persiapan Paskah Nasional 2024 berlangsung meriah…
-
Harmoni Natal Jakarta: GOI dan Penjabat Gubernur dalam Rangkaian Kunjungan Gereja Bersejarah
Merayakan Keindahan Keragaman: Ikuti Kisah Kunjungan Natal GOI yang Membawa Pesan Persatuan di Hati Jakarta!
-
Ibrani 3 Dalam Sorotan Orthodox: Menelusuri Jejak Iman dan Ketaatan Lewat Pandangan Bapa Gereja
Jelajahi Kedalaman Iman Melalui Ibrani 3:1-19: Sebuah Perspektif Orthodox – Temukan wawasan unik dari Bapa…
-
Rahasia Ilahi dalam Surat Efesus: Pencerahan Melalui Kasih dan Pengetahuan
Jelajahi kekayaan teologi Orthodox dengan analisis mendalam dari Efesus 1:15-23. Temukan wawasan unik tentang cinta…
-
Kristus dan Kosmos: Menyelami Misteri Ilahi dalam Kolose 1:9-20
Menelusuri kedalaman Kolose 1:9-20: Bagaimana teologi Orthodox mengungkap misteri Kristus yang menjembatani langit dan bumi.…
-
Warisan Kebijaksanaan: Eksplorasi Peran Perempuan Lanjut Usia dalam Tradisi Gereja Orthodox Melalui Titus 1:15-2:1-10
Renungan ini membahas peran wanita senior dalam Gereja Orthodox, dengan fokus pada mentori spiritual bagi…
-
Mengungkap Titus 1:5-2:1: Panduan Orthodox untuk Kepemimpinan Gerejawi dan Wawasan Iman
Jelajahi penafsiran mendalam Ortodoks terhadap Titus 1:5-2:1. Selidiki peran kepemimpinan rohani, iman komunal, dan kualitas-kualitas…
-
Komitmen GOI dalam Perayaan Natal ASN Pemprov DKI dan Aras Gereja Nasional
Jakarta Bersinar dengan Semangat Natal! Penasaran bagaimana GOI dan Pemprov DKI menyulap ibu kota menjadi…
-
Peran Aktif GOI dalam Membentuk Mental dan Spiritual ASN yang Lebih Baik
Membuka Babak Baru: Bagaimana GOI Mengubah Wajah Spiritualitas ASN di Bandung! Penasaran dengan kisah di…
-
Sinergi GOI dan Pemerintah dalam Menguatkan Moderasi Beragama di Indonesia
Balikpapan, 13 Desember 2023 – Dalam sebuah langkah progresif untuk menguatkan nilai-nilai moderasi beragama di…
-
Mengungkap Makna Teologis Surat 2 Timotius: Pandangan Orthodox Dalam Zaman Modern
Renungan ini membahas pandangan teologi Orthodox tentang zaman akhir, penurunan moral dan spiritualitas, serta pentingnya…
-
Lucifer Yang Lain: Penyandang Cahaya Dalam Badai Arianisme
“Lucifer Yang Lain” mengulas Lucifer dari Cagliari, bukan setan, tetapi seorang uskup dan teolog yang…
-
Para Majus dalam Sejarah dan Tradisi Kristen
Kisah Para Majus, simbolik dalam tradisi Kristen, mengisahkan “tiga orang bijak” dari Timur sebagai cendekiawan…
-
Kebenaran di Balik Baju Zirah: Menguak Rahasia Efesus 6:10-17 Dalam Teologi Orthodox
Materi ini mengulas teologi Orthodox terkait perjuangan spiritual dalam Efesus 6:10-17. Fokusnya adalah perjuangan melawan…
-
Memandang Perang: Perspektif Spiritual Orthodox Timur Dalam Era Konflik
“Memandang Perang” mengeksplorasi perspektif Orthodox Timur tentang perang, menekankan pada dimensi spiritual dan moral. Ini…
-
Menelusuri Kehidupan Rohani: Pelajaran dari Rasul Paulus Tentang Berjalan Dalam Roh dan Tanggung Jawab Spiritual
“Galatia 5:22-6:2” membahas tentang ‘Berjalan dalam Roh’, menekankan pentingnya buah-buah Roh seperti kasih dan kesabaran.…
-
Natal dalam Teologi Orthodox: Perayaan Inkarnasi dan Pertemuan dengan Kristus
Natal dalam Teologi Orthodox menyoroti inkarnasi Ilahi, di mana Yesus Kristus menjadi simbol kasih dan…
-
Renungan 1 Timotius 5:1-10 : Peran dan Pelayanan Janda dalam Gereja Orthodox
Renungan 1 Timotius 5:1-10 dalam Gereja Orthodox menekankan peran penting janda dalam komunitas gerejawi. Surat…
-
Renungan 1 Timotius 6:17-21
Bacaan ini sangat direkomendasikan karena membahas pentingnya menjaga keutuhan dan kesucian ajaran dan praktik ibadah…
-
Perayaan Masuknya Bunda Maria ke Bait Suci
Diperingati oleh Gereja Orthodox pada tanggal 4 Desember (kalender sipil) / 21 November (kalender Gereja).…
-
Tidak Secawan Berarti Skismatik? Sebuah Pelajaran dari Sejarah
(Tulisan ini ditujukan untuk umat GOI-GGOC sebagai bentuk edukasi dan edifikasi agar tetap teguh tidak…
-
Untuk Orthodox Sejati di Indonesia dan di seluruh Asia (Sejarah GGOC)
Suara dari Yunani untuk saudara-saudara di Indonesia dan di seluruh Asia Saudara-saudaraku terkasih didalam Kristus,…
-
KECERDASAN EMOSIONAL
Kemampuan untuk Mengekspresikan Emosi Seseorang, dan Berempati pada Kebutuhan Orang Lain. Ketika kita cenderung menggunakan…
-
Romo Diakon Nektarios dan Hipodiakon Clarentios: Semangat Baru untuk Pelayanan Gereja
Medan, 21 Juli 2024 – Romo Episkop Daniel dari Nikopolis melaksanakan upacara pentahbisan yang penuh…
-
Js. Katherine Sang Martir Baru
Pada tanggal 15 November pada Kalender Gereja (“Julian”), yang jatuh pada tanggal 28 November pada…