Diperingati pada 16 November (Julian) / 29 November (Gregorian)
Rasul Suci dan Penginjil Matius, yang juga disebut Lewi (Mrk. 2:14; Luk. 5:27); dia adalah seorang dari antara Dua Belas rasul (Mrk. 3:18; Luk. 6:45; Kis. 1:13), dan merupakan saudara dari Rasul Yakobus Alfeus (Mrk. 2:14). Dia adalah seorang pemungut cukai, yaitu seorang pemungut pajak untuk Roma, pada masa ketika orang-orang Yahudi berada di bawah kekuasaan kekaisaran Romawi. Dia tinggal di kota Galilea, Kapernaum [Kapharnum]. Matius, ketika mendengar suara Yesus Kristus: “Ikutlah Aku” (Mat. 9:9), berhenti dari tugasnya dan mengikuti Juruselamat. Kristus dan murid-murid-Nya tidak menolak undangan Matius dan mereka mengunjungi rumahnya, di mana mereka berbagi meja dengan teman-teman dan kenalan pemungut cukai – yang seperti tuan rumah adalah pemungut cukai dan orang berdosa yang terkenal. Peristiwa ini sangat mengganggu orang-orang Farisi dan ahli Taurat.
Pemungut cukai, dalam mengumpulkan pajak dari rekan senegaranya, melakukan ini dengan keuntungan besar untuk diri mereka sendiri. Biasanya mereka dianggap sebagai orang-orang serakah dan kejam, bahkan orang-orang Yahudi menganggap mereka jahat dan pengkhianat negara dan agama mereka. Kata “pemungut cukai” dikonotasikan bagi orang-orang Yahudi sebagai “pendosa publik” dan “penyembah berhala”. Bahkan berbicara dengan seorang pemungut cukai dianggap dosa, dan bergaul dengan seorang pemungut cukai adalah aib. Tetapi guru-guru Yahudi tidak dapat memahami, bahwa Tuhan “datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa untuk bertobat” (Mat. 9:13).
Matius, mengakui keberdosaannya, membalas empat kali lipat kepada siapa pun yang telah ditagih berlebihan, dan dia membagikan sisa miliknya kepada orang miskin, dan bersama dengan rasul-rasul lain dia mengikuti setelah Kristus. Santo Matius memperhatikan instruksi dari Guru Ilahi, dia melihat mukjizat-Nya yang tak terhitung banyaknya, dia pergi bersama dengan 12 rasul berkhotbah kepada “domba-domba yang hilang dari umat Israel” (Mat. 10:6), dia adalah saksi dari penderitaan, kematian, dan Kebangkitan Juruselamat, dan Kenaikan-Nya yang mulia ke Surga.
Setelah menerima karunia anugerah Roh Kudus, yang turun ke atas para rasul pada hari Pentakosta, Rasul Matius selama 8 tahun pertama berkhotbah di Palestina. Dan sebelum keberangkatannya untuk memberitakan Injil di negeri-negeri yang jauh, atas permintaan orang-orang Yahudi yang masih tinggal di Yerusalem, Rasul Matius yang kudus dalam Injilnya memberikan pertanggungjawaban tentang kehidupan duniawi Juru Selamat dunia – manusia-Allah Yesus Kristus dan ajarannya.
Dalam urutan kitab-kitab Perjanjian Baru, Injil Matius didahulukan. Palestina dikatakan sebagai tempat penulisan Injil. Injil ditulis oleh Js. Matius pada tahun 42 ([AD – “Anno Domini” atau “Tahun Tuhan”,] yaitu setelah Kelahiran Kristus), dalam bahasa Yahudi asalnya, dan kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani. Teks Ibrani tidak bertahan bagi kita, tetapi banyak kekhasan linguistik dan budaya-historis dari terjemahan Yunani mengingatkannya.
Rasul Matius berkhotbah di antara orang-orang yang memiliki harapan agama tertentu tentang Mesias. Injil-Nya memanifestasikan dirinya sebagai bukti nyata bahwa Yesus Kristus – adalah Mesias sejati, yang dinubuatkan oleh para nabi, dan tidak ada yang lain (Mat. 11: 3). Khotbah dan perbuatan Juruselamat disajikan oleh penginjil dalam tiga bagian, yang merupakan tiga aspek pelayanan Mesias: sebagai Nabi dan Pemberi Hukum (Bab 5-7), Tuhan atas dunia baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat (Bab. 8-25), dan akhirnya sebagai Imam Besar yang dipersembahkan sebagai Korban bagi dosa seluruh umat manusia (Bab 26-27). Isi teologis Injil, selain tema-tema Kristologis, termasuk juga ajaran tentang Kerajaan Allah dan tentang Gereja, yang Tuhan nyatakan dalam perumpamaan-perumpamaan tentang persiapan batin untuk memasuki Kerajaan (Bab 5-7), tentang kelayakan pelayan Gereja di dunia (Bab 10-11), tentang tanda-tanda Kerajaan dan pertumbuhannya dalam jiwa umat manusia (Bab 13), tentang kerendahan hati dan kesederhanaan para pewaris Kerajaan (Mat. 18:1-35; 19:13-30; 20:1-16; 25-27; 23:1-28), dan tentang pewahyuan eskatologis Kerajaan dalam Kedatangan Kedua Kristus dalam kehidupan rohani sehari-hari. kehidupan Gereja (Bab 24-25). Kerajaan Surga dan Gereja saling berhubungan erat dalam pengalaman spiritual Kekristenan: Gereja adalah perwujudan historis Kerajaan Surga di dunia, dan Kerajaan Surga adalah Gereja Kristus dalam kesempurnaan eskatologisnya (Mat. 16:18-19; 28:18-20).
Rasul suci berkeliling dengan “kabar baik” [euangelia dalam bahasa Yunani atau evangelium dalam bahasa Latin – arti kata “injil”] ke Syria, Media, Persia, Parthia, dan melakukan penginjilan di Ethiopia. Negeri ini dihuni oleh suku-suku kanibal dengan adat dan kepercayaan primitif. Rasul Matius yang kudus melalui khotbahnya di sana mempertobatkan beberapa penyembah berhala menjadi beriman kepada Kristus. Dia mendirikan Gereja (komunitas kristen) dan membangun sebuah tempat ibadah (gedung gereja) di kota Mirmena.
Ketika rasul suci dengan sungguh-sungguh memohon kepada Tuhan untuk pertobatan orang Etiopia, selama waktu ia berdoa, Tuhan sendiri menampakkan Diri kepadanya dalam bentuk seorang pemuda, dan setelah memberinya tongkat, memerintahkannya untuk meletakkannya tegak di pintu Gereja. Tuhan berkata, bahwa dari tongkat ini akan tumbuh pohon dan akan berbuah, dan dari akarnya akan mengalir aliran air. Dan dengan membasuh diri di air dan memakan buahnya, maka orang Etiopia yang tersesat berubah menjadi lemah lembut dan baik.
Ketika rasul suci membawa tongkat menuju gereja, di jalan ia bertemu dengan istri dan putra penguasa negeri, Fulvian, yang diganggu oleh roh-roh jahat. Dengan Nama Kristus rasul suci menyembuhkan mereka. Mukjizat ini mempertobatkan banyak orang kafir kepada Tuhan. Tetapi penguasa tidak ingin rakyatnya menjadi Kristen dan berhenti menyembah dewa-dewa kafir. Dia menuduh rasul itu melakukan sihir dan memberi perintah untuk mengeksekusinya. Mereka meletakkan kepala Js Matthew ke bawah, menumpuk semak belukar dan menyalakannya. Ketika api unggun berkobar, semua orang kemudian melihat, bahwa api itu tidak membakar Js. Matius. Kemudian Fulvian memberi perintah untuk menambahkan lebih banyak kayu ke api, dan dengan penuh keberanian, dia memerintahkan untuk mendirikan 12 berhala di sekitar api unggun. Tapi api menyebar ke berhala dan bahkan sampai ke Fulvian. Orang Etiopia yang ketakutan menoleh ke orang suci dengan permohonan belas kasihan, dan dengan doa sang martir Matius, nyala api padam. Tubuh rasul suci tetap tidak terluka, dan akhirnya dia meninggal kepada Tuhan (60M).
Penguasa Fulvian sangat menyesali perbuatannya, tapi dia masih ragu. Atas perintahnya, mereka memasukkan tubuh Js Matius ke dalam peti mati besi dan membuangnya ke laut. Dalam melakukan hal ini Fulvian berkata, bahwa jika Tuhannya Matius akan menyelamatkan tubuh rasul di dalam air, seperti Dia menyelamatkannya dari api, maka ini akan menjadi alasan yang tepat untuk menyembah Satu Tuhan yang Benar ini.
Pada malam itu Rasul Matius menampakkan diri kepada Uskup Platon dalam mimpi, dan memerintahkannya untuk pergi bersama imam ke tepi laut dan menemukan mayatnya di sana. Bersama dengan uskup dalam perjalanannya ke tepi laut, datanglah juga Fulvian dan pengiringnya bersamanya. Peti mati yang dibawa kembali oleh ombak dan dengan hormat dibawa ke gereja yang dibangun oleh sang rasul. Kemudian Fulvian memohon pengampunan dari Rasul suci Matius, setelah itu Uskup Platon membaptisnya, memberinya nama Matius untuk mematuhi perintah Tuhan. Segera Js. Fulvian-Matius melepaskan kekuasaannya dan menjadi seorang presbiter. Setelah kematian Uskup Platon, Rasul Matius menampakkan diri kepadanya dan mendesaknya untuk mengepalai Gereja Ethiopian. Setelah menjadi uskup, Js. Matius-Fulvian bekerja keras dalam memberitakan Sabda Allah, melanjutkan pekerjaan jana suci pelindung surgawinya.