Suara Episkop:Pesan Tahun Baru 2024 (Menurut Kalender Sipil) Episkop Daniel dari Nikopolis

Memasuki tahun baru 2024, Episkop Gereja Orthodox Indonesia, Episkop Daniel dari Nikopolis menyampaikan pesan tahun barunya bagi umat Gereja Orthodox Indonesia. Dari Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat Episkop Orthodox pertama putra Indonesia ini menyampaikan harapannya untuk sepanjang tahun yang baru ini.

Bagi umat Gereja Orthodox Indonesia, Episkop mengharapkan agar umat dapat terlibat aktif dalam kehidupan bersama di tengah masyarakat Indonesia. Umat orthodox mulai dari yang kecil sampai dewasa pun diharapkan dapat menjadi terang dan garam bagi masyarakat di sekitarnya. Tidak hanya menjadi umat yang paham dogma iman saja, tetapi umat diharapkan dapat memberi kontribusi yang nyata bagi masyarakat Indonesia.

”Harapan Romo adalah, bahwa umat orthodox ini jangan sampai menjadi orthodoxnya itu hanya secara formalitas saja. Mengetahui dogma mengenai hal- hal yang bersifat akademis. Tetapi betul-betul menjadi terang dan garam pada masyarakat, memberikan kontribusi konkrit kepada masyarakat mulai dari yang muda sampai yang tua” ujar Episkop Daniel dari Nikopolis

Episkop juga menegaskan harapannya bahwa di tahun 2024 ini bukan hanya jumlah umat saja yang dapat dirasakan bertambah. Namun, kehadiran umat orthodox di Indonesia dapat dirasakan oleh masyarakat di sekitarnya. Terutama dengan keikutsertaan secara aktif umat orthodox dalam kegiatan bersama di tengah masyarakat.


”sehingga dengan demikian, kehadiran orthodox ini tidak hanya menambah banyak jumlah saja meskipun itu perlu. Tapi yang penting bahwa kehadiran kita dirasakan oleh masyarakat dan masyarakat akan mengenal kita akibat keikutsertaan kita di dalam pembangunan bangsa ini di dalam kehidupan bertetangga dan sosial.”


Menurut Episkop sekaligus pendiri Gereja Orthodox Indonesia harapan agar umat orthodox dapat berpartisipasi aktif di tengah masyarakat dapat terwujud apabila umat mulai peduli dengan keadaan di sekitarnya. Episkop yang gemar membaca ini juga menambahkan agar umat harus mulai peduli melihat sekitar dengan setulus hati, bukan hanya untuk memamerkan diri tetapi kepedulian itu menjadi gaya hidup orthodox yang membumi untuk Indonesia.


”Jadi kita harus mulai peduli dengan keadaan sosial kita dan kepedulian kita itu harus dari setulus hati kita bukan hanya sebagai show off ya. Tapi betul betul menjadikan gaya hidup orang orthodox yang betul betul membumi dan berpijak pada Indonesia untuk Indonesia.”


Sebagai umat Orthodox di Indonesia, mari kita dapat terus mendoakan dan menerapkan apa yang menjadi harapan dari Episkop kita. Sehingga, harapan tersebut dapat terwujud di tahun 2024 ini dan Gereja Orthodox Indonesia dapat menjadi terang dan garam dunia serta agen pembangunan bangsa yang baik di tengah masyarakat tanpa meninggalkan identitas kita sebagai #OrthodoxSejati #IndonesiaSejati.


Selamat tahun baru 2024 kepada seluruh umat Gereja Orthodox Indonesia!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *