KAMIS DARI MINGGU ANAK HILANG

RENUNGAN SETIAP HARI DARI FIRMAN ALLAH MENURUT BACAAN GEREJA ORTHODOX

Oleh: Janasuci Theophan Sang Penyendiri

Penterjemah: Arkhimandrit Daniel Bambang Dwi Byantoro

I Yohanes 4:20-5:21; Markus 15: 1-15

Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: Iman kita” (I Yohanes 5:4).

yaitu: Iman Kristen

Mengalahkan dunia – apakah artinya ini? Bukannya memusnahkan mereka semua yang mencintai dunia, atau melenyapkan dan menghancurkan mereka yang dicintai dunia.

Maknanya justru bahwa sementara kita hidup di tengah-tengah mereka yang mencintai dunia dan bergerak di tengah-tengah kebiasaan-kebiasaan yang dicintai dunia ini, kita harus hidup sebagai orang asing kepada setiap orang dan dengan setiap hal.

Segera setelah engkau menolak hal-hal yang duniawi yang ada di dunia ini, engkau dengan cara ini telah memiliki kemenangan atas dunia.

Tetapi apakah yang mengajarkanmu untuk menolak dunia dan apakah yang memberikanmu kekuatan untuk melakukan hal ini? Iman Orthodox kita!

Iman Orthodox ini menelanjangi sifat yang menghancurkan dan penuh tipuan daripada khayalan dari dunia itu serta mengilhami kita suatu keinginan untuk membebaskan kita dari jerat-jaringnya.

Maka, ketika seseorang mengambil-keputusan untuk memutuskan diri dari belenggu-belenggu ini, apabila orang bertobat dan mendekati Mysteri Pembaharuan – Baptisan atau Pertobatan – iman itu akan mengijinkan dia untuk merasakan secara mistika kemanisan dari suatu kehidupan yang bertentangan dengan dunia, suatu rasa manis yang dengannya semua kenikmatan dunia tak dapat dengan cara apapun masuk sebagai sesuatu yang dapat dibandingkan.

Sebagai akibatnya, suatu rasa jijik atas segala sesuatu yang duniawi akan tinggal di dalam hati, yang itulah sebenarnya kemenangan atas dunia ini. Tetapi di dalam tindakan mistika ini, yang sebagai akibatnya adalah rasa jijik akan dunia itu dilahirkan, kekuatan untuk secara kokoh tinggal dalam rasa jijik dan keterasingan dari dunia ini juga dikaruniakan; dan inilah suatu kemenangan yang menentukan dan yang lestari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *